Seluk Beluk Sistem Informasi Manajemen

A. Memahami sistem
Sistem Menurut para ahli, pengertian sistem didefinisikan sebagai berikut:
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY, sistem adalah seperangkat elemen yang saling berhubungan dalam hubungan antara elemen-elemen ini dan lingkungan.
Menurut ANATOL RAPOROT, sistem adalah kumpulan unit dan hubungan timbal balik.
Menurut L. ACKOF, sistem adalah setiap entitas konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian yang saling bergantung.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah serangkaian elemen / elemen yang saling berkorelasi dan saling mempengaruhi dalam pelaksanaan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Misalnya, dalam sistem informasi terdapat perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan brainware (sumber daya manusia).


B. Memahami sistem informasi manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM), dalam bahasa Inggris: Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah bagian dari pengendalian internal perusahaan, yang melibatkan penggunaan orang, dokumen, teknologi, dan prosedur melalui akuntansi manajemen untuk menyelesaikan masalah bisnis seperti biaya suatu produk, layanan atau perusahaan termasuk strategi bisnis
Sistem informasi manajemen, istilah yang terkenal, adalah sistem mesin terintegrasi (terintegrasi) untuk menyajikan informasi untuk mendukung fungsi operasional, manajemen dan pengambilan keputusan suatu organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, teknik manajemen, model manajemen dan keputusan dan “database”.
Sistem informasi manajemen berbeda dari sistem informasi normal, karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada kegiatan operasional organisasi. Dari sudut pandang akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang terkait dengan mengotomatisasi atau mendukung keputusan manusia, seperti sistem pendukung keputusan, sistem pakar dan sistem informasi eksekutif.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen adalah sistem yang menyediakan informasi untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam kegiatan manajemen (perencanaan, mobilisasi, organisasi dan kontrol) dalam organisasi.
C. Definisi sistem manajemen informasi untuk pendidikan
Ada beberapa istilah yang terkait dengan sistem pendidikan manajemen informasi (SIMDIK), termasuk:
SIMDIK atau yang disebut SISTEM INFORMASI DAN PENDIDIKAN MANAJEMEN adalah sistem sekolah berbasis TIK di mana semua basis data sekolah dapat disimpan dan dihubungkan dengan aman melalui server.
SIMDIK adalah sistem informasi untuk kebutuhan manajemen lembaga pendidikan, dalam hal ini sekolah. Sekolah-sekolah yang dapat ditutup dengan SIMDIK adalah penitipan anak, sekolah dasar, gimnasium, sekolah menengah dan yang sederajat.
Sistem informasi manajemen pendidikan adalah kombinasi dari sumber daya manusia dan penggunaan teknologi informasi untuk memilih, menyimpan, memproses dan mengambil data untuk mendukung proses pengambilan keputusan dalam pendidikan. Data-data ini adalah data empiris atau data / fakta yang benar-benar ada dan dapat dibuktikan.
Mengingat uraian di atas, definisi alternatif dari sistem manajemen informasi untuk pendidikan dapat diusulkan, yaitu: sistem yang terdiri dari sekelompok orang, kebijakan dan perangkat TI yang memantau dan mengambil data dari lingkungan, aplikasi keuangan sekolah berbasis web dari lingkungan transaksi dan operasi dalam organisasi, menyaring, mengatur dan memilih data dan menyajikannya sebagai informasi tentang pemangku kepentingan pendidikan / sekolah, terutama untuk manajer pendidikan di semua tingkatan dan dalam semua fungsi organisasi untuk mendukung pengambilan keputusan dalam fungsi manajemen dan untuk mendukung komunikasi. dan untuk mendukung kegiatan operasional, termasuk kegiatan pendidikan.
SIMDIK dikembangkan secara terintegrasi, mulai dari proses operasional pendaftaran mahasiswa baru, proses akademik, manajemen keuangan dan proses operasional mahasiswa.
SIMDIK adalah proses operasi sekolah. SIMDIK juga dirancang sesuai dengan standar JARDIKNAS. Semua persyaratan pelaporan sekolah dari Kantor Pendidikan Regional dan Departemen Pendidikan dapat dengan mudah dipenuhi. Dengan SIMDIK, manajemen pendidikan menjadi lebih sederhana dan lebih terkontrol.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*